Bagaimana jika Surga… a. Ada b. Tidak ada

Postingan ini adalah percakapan pendek di salah satu kajian filsafat dan feminisme yang saya hadiri. Saat itu adalah hari terakhir KAFFE 1. Yang menjadi pembicara saat itu adalah Dr. Haryatmoko. Kelas yang diampu oleh pria yang biasa dipanggil Romo ini asyik, karena ia suka memberikan contoh berupa cerita-cerita dalam keseharian yang segar.

Pada pertemuan sebelumnya, Romo telah memberikan materi tentang distinctiveDistinctive adalah sebutan ketika seseorang berbicara dengan bahasa yang terkesan biasa saja, namun terkandung makna memisahkan diri karena lebih unggul. Mari gamblang-kan saja, distinctive berarti memisahkan diri dengan cara yang halus dari yang lainnya karena merasa lebih unggul.

Pada hari itu, Romo baru saja menjelaskan mengenai “Empat Fase Citra”. Di sini saya hanya menyebutkannya saja. Citra ada yang disebut representasi, yaitu citra suatu hal yang menjadi cermin suatu realitas. Yang kedua ada ideologi, di mana citra menyembunyikan diri dan memberi gambaran baru akan realitas. Yang ketiga saya lupa. Yang terakhir yaitu hiperrealitas, ketika yang tidak nyata menjadi realita, seperti bayangan akan surga yang tidak kasat mata dapat mengatur perbuatan manusia di dunia. 

“Kalau mau bahagia, ciptakan realita sendiri. Jangan ikut didikte realita orang lain,” terang sosok yang supel ini. Kepalanya menengadah seperti teringat sesuatu, “Saya juga punya realita bikinan sendiri, yaitu surga di akhir nanti.” Ia tersenyum. Begitu pun saya. Saya kira beberapa orang di ruangan ini juga tersenyum.

Ia menyapu seisi ruangan. Nampak seperti ingin mengoreksi, “Tetapi tentu saya mikir juga, sih. Bagaimana kalau ternyata Tuhan dan surga itu tidak ada?” ia menepok jidatnya. “Wuaduh!” Ya, jika ternyata Tuhan dan surga tak pernah ada di alam lain sana, Romo Haryatmoko melewatkan semua kesenangan dunia ini.

“Tetapi setelah saya pikir-pikir, saya rugi karena berbuat kebaikan untuk sesama di dunia.” Nampak senyumnya yang paling lebar.

Seisi kelas menyahut, “Distinktif!!!”

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s